KEMAJUAN TEKNOLOGI PADA ERA MILENIAL BERDAMPAK PADA MEMUDARNYA ATTITUDE ANAK

KEMAJUAN TEKNOLOGI PADA ERA MILENIAL BERDAMPAK PADA MEMUDARNYA ATTITUDE ANAK


      kemajuan     kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di masa sekarang sudah tak dapat di hindari lagi, itu semua di karenakan ilmu pengetahuan terus berkembang, jadi kita semua tidak dapat mencegah perkebangan teknologi saat ini. semua itu memiliki dampak positif dan negatif. dampak positif dari perkembangan IPTEK adalah sebagai berikut,

 1. Limbah ternak untuk pupuk.
 2. Sampah dimanfaatkan menjadi gas bio yang berguna untuk keperluan memasak, penerangan, dan       tenaga gerak.
 3. Dengan detoksifikasi surya atau sistem pengolahan air yang terkontaminasi dengan       memanfaatkan   panas matahari / ultraviolet sehingga menghasilkan air yang bersih
4.  Dalam bidang komunikasi (radio,TV telephone, internet) sehingga penggunaan waktu lebih efisien  dan cepat.

     Bila dilihat dari sisi negatifnya, kemajuan teknologi ini membuat orang menjadi malas untuk berkomunikasi secara langsung. Orang lebih memilih berinteraksi melalui handphonenya ketimbang berkomunikasi dengan orang disekitarnya. Contoh, seorang anak sibuk ber-chatting dengan teman melalui handphone miliknya ketimbang berbicara dengan saudaranya saat acara keluarga sedang berlangsung. Kadang kemajuan teknologi ini juga membuat seseorang menjadi kurang peka dengan ekspresi saat sedang berkomunikasi dengan lawan bicaranya.
hal ini secara tidak langsung berdampak pada attitude anak jaman sekarang.
anak jaman milenial cenderung tidak terlalu memperhatikan attitude mereka, seperti berbicara kepada orang yang lebih tua atau dalam kehidupan mereka.
     Demi mencegah hal itu maka kita harus memahami attitude dalam berinternet atau di sebut juga dengan etika berinternet (NETTIQUE). tata tertib dalam berinternet antara lain.



a. Perlakukan Email Secara Pribadi. Email pada dasarnya adalah alat komunikasi personal, maka Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada Anda, maka jangan mengirim kembali informasi tadi ke forum umum atau dibagikan ke media sosial tanpa seizin pemberi atau sumber informasi tersebut, seperti : kelompok grup, atau mailing-list. Hal ini untuk menghargai informasi yang anda dapatkan dari sang pemberi informasi. 

b. Jangan Membicarakan Orang Lain. Jangan membicarakan orang atau pihak lain, apalagi kejelekankejelekannya. Berhati-hatilah terhadap apa yang anda tulis. Email memiliki fasilitas bernama “Forward”, yang mengizinkan si penerima akan meneruskannya (forward) ke orang lain. Kita tidak tahu siapa saja yang ada dalam dunia maya sehingga janganlah sembarangan membicarakan orang terutama apabila informasi yang tersebar masih bersifat tidak pasti atau sekedar desas-desus. 

c. Jangan Gunakan Huruf Kapital dan Hati-hati dalam Penggunaan Tanda Baca. Seperti halnya membaca surat kabar atau surat, membaca pesan email yang menggunakan huruf besar/kapital yang berlebihan tidak enak dilihat. Tapi di samping itu, terutama dalam tata krama berkomunikasi dengan email/chat, penggunaan huruf besar [kapital] biasanya dianggap berteriak atau marah. Begitu pula dengan tanda baca, seringkali tanpa sadar kita mencantumkan tanda seru pada lawan interaksi kita, untuk individu yang belum begitu akrab bisa saja menganggap anda memerintah karena fungsi tanda baca itu sendiri. Mungkin saja maksud anda hanya untuk memberi tekanan pada maksud Anda, namun, kita belum tentu mengetahui karakteristik tiap individu di dunia maya. Oleh karena itu, ingatlah untuk selalu selalu berinteraksi dengan hati-hati. 

d. Jangan Terlalu Banyak Mengutip. Hati-hati dalam melakukan balasan (reply). Fasilitas ‘Reply’ dari sebagian besar program mailer biasanya akan mengutip pesan asli yang Anda terima secara otomatis ke dalam isi surat Anda. Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, dan hanya menjawab bagian-bagian yang relevan saja.

 e. Jangan Gunakan CC . Jika Anda ingin mengirim mail ke sejumlah orang (misalnya di mailinglist), usahakan atau hindari mencantumkan nama-nama pada baris CC. Jika Anda melakukan hal itu, semua orang yang menerima email Anda, akan bisa melihat alamat-alamat email orang lain. Umumnya orang tidak suka bila alamat emailnya dibeberkan di depan umum. Selalu gunakan BCC (blind carbon copy). Dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat alamat e-mailnya sendiri. 

f. Jangan Gunakan Format HTML Jika Anda mengirim sebuah pesan penting ke rekan Anda, jangan gunakan format HTML tanpa Anda yakin bahwa program email rekan Anda bisa memahami kode HTML. Jika tidak, pesan Anda sama sekali tidak terbaca atau kosong, sebaiknya, gunakan plain text. Buku Panduan Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi 2018 Universitas Muhammadiyah Malang 7

 g. Jawablah Secara Masuk Akal Jawablah setiap pesan email secara masuk akal, jangan menjawab dua tiga pertanyaan dalam satu jawaban. Apalagi, menjawab pesan email yang panjang lebar, dan Anda menjawab dalam satu kata: “Good.”. Hal tersebut sangat menyebalkan. Posisikan diri anda pada penerima pesan anda, sehingga anda akan paham bagaimana jika anda diperlakukan seperti itu. 

h. Gunakan Singkatan yang Sudah Lazim Digunakan, untuk Efisiensi Penggunaan Kata Untuk efisiensi penggunaan kata, frase atau istilah By the Way (= ngomong- ngomong) disingkat menjadi BTW. In My Opinion (=menurut hemat saya) disingkat IMO. Because (= karena) bisa disingkat menjadi ‘coz’. Penggunaan kata sapa Bahasa Inggris misalnya, kalimat How are you?, bisa diganti menjadi How R U? Dan sebagainya seperti yang anda sering gunakan dalam ber-sosial media. Sebab kata-kata seperti ini seringkali mempersingkat waktu mengetik dan cukup menyenangkan jika disampaikan dalam percakapan asal tidak berlebih. Berikut dikutip dari beberapa sumber, singkatan-singkatan yang biasa digunakan dalam email atau instan message (IM). Contoh : Bye For Now (BFN) = Sampai jumpa By The Way (BTW)= Ngomong-ngomong I Just Want To Know (IJWTN) = (Saya hanya) ingin tahu saja! I Just Want To Say (IJWTS) = (Saya hanya) ingin berkata: In My Humble Opinion (IMHO) = Menurut hemat saya. On The Way (OTW) = Dalam Perjalanan KEZEL (KZL) = Jengkel banget BETE (BT) = Boring (red. Sangat bosan) Males Gerak (MAGER) = gak pingin kemana-mana / susah move on Dan Lain-Lain (DLL) = masih ada yang lainnya.  

Komentar

Postingan Populer