KEMAJUAN TEKNOLOGI PADA ERA MILENIAL BERDAMPAK PADA MEMUDARNYA ATTITUDE ANAK
KEMAJUAN TEKNOLOGI PADA ERA MILENIAL BERDAMPAK PADA MEMUDARNYA ATTITUDE ANAK
kemajuan kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di masa sekarang
sudah tak dapat di hindari lagi, itu semua di karenakan ilmu pengetahuan terus
berkembang, jadi kita semua tidak dapat mencegah perkebangan teknologi saat
ini. semua itu memiliki dampak positif dan negatif. dampak positif dari perkembangan
IPTEK adalah sebagai berikut,
1. Limbah ternak untuk pupuk.
2. Sampah dimanfaatkan menjadi gas bio yang berguna untuk keperluan memasak, penerangan, dan tenaga gerak.
3. Dengan detoksifikasi surya atau sistem pengolahan air yang terkontaminasi dengan memanfaatkan panas matahari / ultraviolet sehingga menghasilkan air yang bersih
4. Dalam bidang komunikasi (radio,TV telephone, internet) sehingga penggunaan waktu lebih efisien dan cepat.
1. Limbah ternak untuk pupuk.
2. Sampah dimanfaatkan menjadi gas bio yang berguna untuk keperluan memasak, penerangan, dan tenaga gerak.
3. Dengan detoksifikasi surya atau sistem pengolahan air yang terkontaminasi dengan memanfaatkan panas matahari / ultraviolet sehingga menghasilkan air yang bersih
4. Dalam bidang komunikasi (radio,TV telephone, internet) sehingga penggunaan waktu lebih efisien dan cepat.
Bila dilihat dari sisi negatifnya, kemajuan teknologi ini
membuat orang menjadi malas untuk berkomunikasi secara langsung. Orang lebih
memilih berinteraksi melalui handphonenya ketimbang berkomunikasi dengan orang
disekitarnya. Contoh, seorang anak sibuk ber-chatting dengan teman melalui
handphone miliknya ketimbang berbicara dengan saudaranya saat acara keluarga
sedang berlangsung. Kadang kemajuan teknologi ini juga membuat seseorang
menjadi kurang peka dengan ekspresi saat sedang berkomunikasi dengan lawan
bicaranya.
hal ini secara tidak langsung
berdampak pada attitude anak jaman sekarang.
anak jaman milenial cenderung tidak
terlalu memperhatikan attitude mereka, seperti berbicara kepada orang yang
lebih tua atau dalam kehidupan mereka.
Demi mencegah
hal itu maka kita harus memahami attitude dalam berinternet atau di sebut juga
dengan etika berinternet (NETTIQUE). tata tertib dalam berinternet antara
lain.
a. Perlakukan Email Secara Pribadi.
Email pada dasarnya adalah alat komunikasi personal, maka Jika seseorang
mengirim informasi atau gagasan kepada Anda, maka jangan mengirim
kembali informasi tadi ke forum umum atau dibagikan ke media sosial
tanpa seizin pemberi atau sumber informasi tersebut, seperti : kelompok grup, atau mailing-list. Hal ini untuk menghargai informasi yang anda
dapatkan dari sang pemberi informasi.
b. Jangan Membicarakan Orang Lain.
Jangan membicarakan orang atau pihak lain, apalagi kejelekankejelekannya.
Berhati-hatilah terhadap apa yang anda tulis. Email memiliki
fasilitas bernama “Forward”, yang mengizinkan si penerima akan
meneruskannya (forward) ke orang lain. Kita tidak tahu siapa saja yang ada
dalam dunia maya sehingga janganlah sembarangan membicarakan orang
terutama apabila informasi yang tersebar masih bersifat tidak pasti atau
sekedar desas-desus.
c. Jangan Gunakan Huruf Kapital dan Hati-hati dalam Penggunaan Tanda
Baca.
Seperti halnya membaca surat kabar atau surat, membaca pesan email yang
menggunakan huruf besar/kapital yang berlebihan tidak enak dilihat. Tapi
di samping itu, terutama dalam tata krama berkomunikasi dengan
email/chat, penggunaan huruf besar [kapital] biasanya dianggap berteriak
atau marah. Begitu pula dengan tanda baca, seringkali tanpa sadar kita
mencantumkan tanda seru pada lawan interaksi kita, untuk individu yang
belum begitu akrab bisa saja menganggap anda memerintah karena fungsi
tanda baca itu sendiri. Mungkin saja maksud anda hanya untuk memberi
tekanan pada maksud Anda, namun, kita belum tentu mengetahui
karakteristik tiap individu di dunia maya. Oleh karena itu, ingatlah untuk
selalu selalu berinteraksi dengan hati-hati.
d. Jangan Terlalu Banyak Mengutip.
Hati-hati dalam melakukan balasan (reply). Fasilitas ‘Reply’ dari sebagian
besar program mailer biasanya akan mengutip pesan asli yang Anda terima
secara otomatis ke dalam isi surat Anda. Jika harus mengutip pesan
seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian
yang tidak perlu, dan hanya menjawab bagian-bagian yang relevan saja.
e. Jangan Gunakan CC .
Jika Anda ingin mengirim mail ke sejumlah orang (misalnya di mailinglist),
usahakan atau hindari mencantumkan nama-nama pada baris CC. Jika
Anda melakukan hal itu, semua orang yang menerima email Anda, akan
bisa melihat alamat-alamat email orang lain. Umumnya orang tidak suka
bila alamat emailnya dibeberkan di depan umum. Selalu gunakan BCC
(blind carbon copy). Dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat
alamat e-mailnya sendiri.
f. Jangan Gunakan Format HTML
Jika Anda mengirim sebuah pesan penting ke rekan Anda, jangan gunakan
format HTML tanpa Anda yakin bahwa program email rekan Anda bisa
memahami kode HTML. Jika tidak, pesan Anda sama sekali tidak terbaca
atau kosong, sebaiknya, gunakan plain text.
Buku Panduan Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi 2018
Universitas Muhammadiyah Malang
7
g. Jawablah Secara Masuk Akal
Jawablah setiap pesan email secara masuk akal, jangan menjawab dua tiga
pertanyaan dalam satu jawaban. Apalagi, menjawab pesan email yang
panjang lebar, dan Anda menjawab dalam satu kata: “Good.”. Hal tersebut
sangat menyebalkan. Posisikan diri anda pada penerima pesan anda,
sehingga anda akan paham bagaimana jika anda diperlakukan seperti itu.
h. Gunakan Singkatan yang Sudah Lazim Digunakan, untuk Efisiensi
Penggunaan Kata
Untuk efisiensi penggunaan kata, frase atau istilah By the Way (=
ngomong- ngomong) disingkat menjadi BTW. In My Opinion (=menurut
hemat saya) disingkat IMO. Because (= karena) bisa disingkat menjadi
‘coz’. Penggunaan kata sapa Bahasa Inggris misalnya, kalimat How are
you?, bisa diganti menjadi How R U? Dan sebagainya seperti yang anda
sering gunakan dalam ber-sosial media. Sebab kata-kata seperti ini
seringkali mempersingkat waktu mengetik dan cukup menyenangkan jika
disampaikan dalam percakapan asal tidak berlebih. Berikut dikutip dari
beberapa sumber, singkatan-singkatan yang biasa digunakan dalam email
atau instan message (IM).
Contoh :
Bye For Now (BFN) = Sampai jumpa
By The Way (BTW)= Ngomong-ngomong
I Just Want To Know (IJWTN) = (Saya hanya) ingin tahu saja!
I Just Want To Say (IJWTS) = (Saya hanya) ingin berkata:
In My Humble Opinion (IMHO) = Menurut hemat saya.
On The Way (OTW) = Dalam Perjalanan
KEZEL (KZL) = Jengkel banget
BETE (BT) = Boring (red. Sangat bosan)
Males Gerak (MAGER) = gak pingin kemana-mana / susah move
on
Dan Lain-Lain (DLL) = masih ada yang lainnya.
Komentar
Posting Komentar